manfaat lalapan

Rabu, 07 Juli 2010

Seiring dengan berkembangnya pengetahuan tentang tanaman yang berkhasiat obat, diketahui pula bahwa banyak jenis lalapan yang bermanfaat sebagai obat. Lalapan tersebut berkhasiat membantu dalam pencegahan dan pengobatan berbagai jenis penyakit. Hal ini dimungkinkan karena dalam berbagai jenis lalapan terkandung bermacam-macam zat atau senyawa kimia tertentu yang berkhasiat obat. Dengan mengkonsumsi sayuran lalapan yang berkhasiat tertentu, penyakit yang diderita dapat diobati. Beberapa penyakit yang bisa diobati dengan lalapan antara lain sebagai berikut.

a.        Diabetes (kencing manis)
Penyakit diabetes dapat diobati dengan beberapa jenis lalapan. Daun dan buah mengkudu, buncis, leunca, petai, petai cina, dan salam berkhasiat menurunkan kadar gula.

b.        Kanker
Beberapa jenis kanker seperti kanker mulut rahim, kanker payudara, kanker lambung, dan kanker hati dapat di cegah atau diobati dengan lalapan. Beberapa jenis lalapan tersebut diantaranya buncis, leunca, dan mengkudu.

c.         Hipertensi (darah tinggi)
Lalapan yang dapat dimakan mentah/direbus atau dibuat sayur terlebih dahulu seperti buncis, mengkudu, buah pepaya, katuk, kunyit, leunca, mentimun, pegaga, selada air, seledri, dan takokak berkhasiat menurunkan tekanan darah.

d.        Sakit kuning (lever)
Rimpang kunyit, mengkudu, sawi tanah, dan semanggi berkhasiat sebagai obat sakit kuning (lever). Lalapan tersebut dapat direbus/dikukus dan dimakan dengan sambal.

e.         Batuk
Penyakit batuk dapat diobati dengan lalapan seperti daun beluntas, jahe, kangkung, kencur, leunca, mengkudu, pegagan, sawi tanah, semanggi gunung, takokak, dan temu kunci.

f.         Demam
Lalapan yang berkhasiat sebagai obat penurun panas (demam) diantaranya beluntas, katuk, kemanggi, kencur, kunyit, leunca, mentimun, pare, pegagan, pepaya, sawi tanah, semanggi gunung, dan tempuh wiyang.



g.        Rematik atau encok
Rematik atau encok dapat diatasi dengan mengkonsumsi lalapan seperti kemanggi, pepaya, seledri, jahe, dan kunyit.

h.        Ambeien, asma/sesak nafas, maag, dan anemia
Pegagan dan selada air berkhasiat sebagai obat ambeien. Pentakit asma/sesak nafas dapat diobati dengan lalapan pegagan dan seledri. Daun jombloh dan buah pepaya berkhasiat sebagai obat maag. Sementara obat penambah darah (anemia) dapat digunakan daun jombloh.

i.          Peluruh keringat (diaphoretic)
Bau badan dapat diatasi dengan mengkonsumsi daun beluntas, jahe, kemangi, atau kencur. Lalapan tersebut mengandung senyawa aktif yang meluruhkan keringat.

j.          Peluruhan air seni
Buncis, kacang panjang, legetan, mengkudu, petai cina, sawi tanah, semanggi gunung, dan tempuh wiyang berkhasiat sebagai obat peluruh air seni.

k.        Penambah nafsu makan
Beberapa jenis lalapan berkhasiat sebagai obat penambah nafsu makan adalah genjer, jahe, pare, pegagan, tekokak, dan temu kunci.

l.          Pelancar ASI
Lalapan yang berkhasiat sebagai obat pelancar ASI adalah kacang panjang, daun katuk, kemangi, pegagan, buah pepaya, dan temu kunci.

m.      Penetralisir keracunan makanan
Kacang panjang, kangkung, kencur, mentimun, pepaya, dan singkong berkhasiat menetralisir keracunan akibat makanan seperti singkong, jengkol, jamur, tempe bongkrek, maupun keracunan saat hamil.

0 komentar: