LALAPAN ORGANIK

Rabu, 07 Juli 2010

Dibandingkan dengan pengobatan modern (obat kimia), pengobatan dengan mengkonsumsi sayuran lalap berkhasiat obat mempunyai empat kelebihan. Pertama, segi biaya relatif murah atau bahkan tidak diperlukan biaya untuk mendapatkan bahannya. Beberapa jenis lalapan seperti pegagan dan sawi tanah merupakan tanaman yang tumbuh liar sehingga tidak perlu biaya untuk mendapatkannya. Kedua, lebih aman dari segi kesehatan karena bahan yang digunakan relatif mudah didapat. Ketiga, bahannya relatif mudah didapat. Lalapan mudah di cari, baik di pasar, di sawah/kebun, ataupun dihalaman rumah. Keempat, konsumsi lalapan sebagai obat jarang sekali menimbulkan efek samping yang membahayakan seperti keracunan, asalkan mengkonsumsinya tidak berlebihan.
Berbagai jenis tanaman yang dibudidayakan di Indonesia umumnya menggunakan pestisida untuk mengurangi hama dan penyakit yang menyerang tanaman. Lalapan yang digunakan sebagai obat sebaiknya tidak mengandung residu pestisida. Hal ini dikarenakan bahan kimia atau racun yang terserap oleh daun atau buah yang dikonsumsi dapat mengganggu kesehatan.
Pencucian sayur atau bauh dengan air tidak dapat menghilangkan pestisida yang telah menempel atau menyerap pada tanaman tersebut. oleh karena itu, lalapan yang akan dikonsumsi sebaiknya berasal dari sayuran organik. Sayuran organik adalah sayuran yang dibudidayakan tanpa menggunakan bahan kimia seperti pestisida dan pupuk kimia.
Saat ini muai banyak produk-produk organik berlabel yang ditemukan di supermarket. Secara umum ciri-ciri sayuran organik dapat dilihat dari penampakan dan rasa seperti berikut.
a.       Tanaman organik mempunyai rasa yang lebih manis dibandingkan tanaman non-organik.
b.      Penampilan fisik tanaman organik kurang bagus (misalnya berukuran lebih kecil dan daun berlubang-lubang) dibandingkan dengan tanaman yang dipelihara secara non-organik.  

0 komentar: