AKIBAT KURANG JALAN KAKI

Sabtu, 01 Agustus 2009

Saat ini orang cenderung sangat kurang bergerak. Dengan teknologi yang ada, memungkinkan orang melakukan sesuatu tanpa banyak bergerak. Sebagai contoh orang yang memiliki motor atau mobil sudah sangat bergantung pada kendaraannya sehingga untuk menuju suatu tempat, meski sudah dekat sekalipun selalu menggunakan kendaraan. Ini yang menyebabkan jantung kurang sehat. Padahal kalau jalan kaki justru lebih sehat untuk jantung.
Karena itu minimal dalam seminggu sekali harus senam atau berolahraga yang agak berat. Kalau tidak bisa ya setiap hari harus di usahakan ada jalan kaki, meski tidak terlalu jauh. Idealnya memang disarankan jalan kaki 10 ribu langkah. Hal ini memang sulit tapi paling tidak ada gerak.
Selain kurang gerak pemicu lain penyakit jantung yang sulit di bantah adalah rokok. Rokok menyebabkan penyempitan pembuluh darah di samping banyaknya racun yang terkandung didalamnya. Ketimbang ambil resiko di kemudian hari sebaiknya stop merokok mulai dari sekarang.
Pola makan juga menjadi penyebab lain munculnya penyakit jantung. Saat ini, orang cenderung suka menu siap saji (fast food). Makanan siap saji itu mengandung kalori tinggi, namun seratnya kurang. Padahal kandungan serat itu sangat penting. Karena itu sebaiknya kembali ke makanan alami.
Makanan tradisional seperti ikan, sayur kaya serat dan buah sangat sehat. Namun desakan makanan franchise dari luar negeri sangat luar biasa. Ada perasaan, kalo gak makan fast food nggak sreg, merasa ketinggalan zaman. Padahal makanan tradisional lebih sehat.

1 komentar:

dhan mengatakan...

banyaknya kendaraan membuat orang jadi malas berjalan, padahal setiap hari sebaiknya kita berjalan lebih kurang 2 km untuk menjaga kesehatan kita